Maskut Candranegara: Dari Lampung Berkiprah Hingga Mancanegara

Bandar Lampung - Sosoknya memang terbilang kecil. Namun, tokoh NU dari Lampung ini berkiprah di kancah nasional hingga mancanegara. Itulah H. Maskut Candranegara, MPd.

Sosoknya yang kecil tapi gesit dan lincah, sudah tampak dari semasa masih di bangku kuliah dulu. Pada semester 1 di Fakultas Syariah IAIN Raden Intan Lampung tahun 1987, ia telah bergabung di organisasi ekstra kampus:  Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), dengan mengikut Latihan Kader Dasar (LKD) yang diadakan PC PMII Lampung di Pesantren Darul Maarif Tegineneng, Lampung Selatan.

H. Maskut Candranegara, MPd, kini sehari-hari adalah guru Pendidikan Agama Islam di SMA YP Unila Bandar Lampung. Selain itu ia aktif sebagai Wakil Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubhan Iklim (LPBI) PBNU.

Mengajar sudah menjadi profesi yang ia geluti sejak masih menjadi santri di Pindok Pesantren Tri Bhakti At Tawa, Rama Puja Raman Utara, Lampung Timur dulu. Dunia mengajar dia lakukan dengan penuh kesungguhan. 

Dan tentu saja, pengabdian di PBNU sangatlah berat, dengan mengemban amanah penanganan bencana dan perubahan iklim. Oleh karena itu di saat bencana sedang melanda Tanah Air, Maskut selalu turun bersama Relawan NU Peduli dari PBNU yang unsurnya LPBI, LazisNU, LKNU, LKKNU, LP Maarif, dan badan otonom di lingkungan NU, seperti Muslimat NU, Fatayat, GP Ansor, dan Banser, bahu membahu turun ke lapangan.

Maskut baru saja turun menangani bencana banjir di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, sebelumnya ke Kabupaten Demak, Jawa Tengah, ikut menangani banjir bandang.

Bahkan pada 17 Mei 2024  nanti akan ke Pulau Bawean akibat gempa bumi beberapa waktu lalu. Untuk membantu pembangunan hunian sementara (huntara).


Saat terjadi gempa bumi di Turki, awal Februari 2023 yang lalu, Maskut mewakili PBNU turut serta dengan rombongan misi kemanusiaan pemerintah Indonesia. Menyerahkan bantuan ke pemerintah Turki.

Tak ayal, dariLampung kini Maskut mampu merambah hingga mancanegara membawa misi kemanusiaan yang diembannya.

Bagaimana kiprah pria berpostur kecil yang gesit ini? Ia memang memiliki banyak pengalaman organisasi sejak mahasiswa dulu.

Tercatat, ia sangat aktif di PMII antara tahun 1987 hingga 1992-an. Dilanjutkan berkiprah di GP Ansor Lampung, era 1992 sampai tahun 2000.

Maskut pun dipercaya menjadi Wakil Sekjen PP GP Ansor sejak tahun 2000 hingga 2010. Ià pernah menjadi Ketua LP2NU PWNU DKI Jakarta, tahu. 2011-2016.

Kiprahnya di daerah juga terus dilakukan. Di mana ia pernah menjadi Wakil Sekretaris PWNU Lampung masa hikmat 2018-2023. Dan kini, Wakil Ketua LPBINU PBNU.

Pengalaman organisasinya yang cukup banyak, bisa dibilang seirama dengan pengalaman pekerjaannya. Di mama Maskut pernah menjadi Tenaga Ahli Bupati Tubaba tahun 2015-2017, juga Tenaga Ahli Ketua DPRD Lampung, tahun 2019.

Selain itu Manajer Unila Media BPU Unila, periode 2020-2022. Dan saat ini ia berstatus sebagai Guru Agama SMA YP Unila Bandar Lampung.

Maskut Candranegara pernah menjadi petugas haji sekaligus ketua Kloter 23 embarkasi Palembang pada musim haji tahun 2023.

Dikutip dari situs berita; KBNInewstex.com

Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel